Senin, 11 April 2011

Air Luncur Saluopa


salah satu wisata alam menakjubkan yang ditawarkan Provinsi Sulawesi Tengah. Namanya Air Terjun Saluopa atau sering juga disebut Air Luncur Saluopa. Air terjun ini terdiri dari 12 tingkat dengan kualitas air yang jernih dan segar.

Ada 12 tingkat di Air Terjun Saluopa yang dihubungkan dengan tangga batu, sehingga dapat memudahkan Anda untuk sampai tingkat paling atas. Sebelum menuju puncak di bagian bawah air terjun Anda akan menemukan beberapa kolam dengan air yang sangat jernih.

Di sekitar air terjun juga terdapat hutan tropis dengan beragam fauna yang hidup di dalamnya. Saat melewati hutan tropis ini, Anda akan mendengar suara-suara binatang dan burung-burung bernyanyi dengan merdu.

Selain hutan tropis, di sekitar lokasi juga terdapat sebuah jembatan kecil yang harus dilewati saat menuju ke lokasi air terjun.

Kesitimewaan yang dimiliki Air Terjun Saluopa ialah kejernihan airnya yang meluncur dari atas gunung, sehingga bebatuan yang ada di dalam air dapat terlihat dengan jelas. Uniknya, meski batu-batu tersebut berlumut namun tidak licin saat diinjak, sehingga Anda dapat dengan mudah naik ke tingkat paling atas.

Satu hal yang sayang untuk dilewatkan ialah mengabadikan momen-momen menyenangkan di air terjun. Ketika saatnya Anda perlihatkan kepada teman, mereka mungkin akan iri melihatnya. Jika beruntung, Anda juga bisa mengabadikan warna pelangi yang muncul dari percikan air yang menyentuh bebatuan.

Jika suatu saat berkesempatan mengunjunginya, Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Kota Tantena, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi. Kota Tentena, Ibukota Kecamatan Pamona Utara, terletak sekitar 54 kilometer dari Kota Poso atau sekitar 258 kilometer di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Akses dari Palu ke Kota Tentena dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dalam waktu sekitar 7 jam. Sedangkan Air Terjun Saluopa terletak sekitar 12 kilometer di sebelah barat Kota Tentena.

Perjalana menuju air terjun dari Kota Tentena dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter menuju lokasi air terjun. (wisatamelayu.com/*/X-12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar